Marhusor do anggo ngolu na satokkin on


RSS

tanpa judul

Arti Kata HORAS

H O R A S

Sering jika bertemu dengan orang batak, kata pertama yang diucapkan adalah "horas". orang hanya tahu horas itu adalah sapaan atau salam saja. Namun tidaklah demikian sebenarnya. Horas itu adalah suatu termonologi yang di dalamnya termuat falsafat hidup orang batak. Dan falsafat ini harus dibawa orang batak kemanapun ia pergi.

Sekilas kami jelaskan apa itu horas. Horas adalah suatu singkatan dari

H. holong masihaholongan = kasih mengasihi
O. on do sada dalan nadumenggan = inilah jalan yang terbaik
R. rap tu dolok rap tu toruan = seia sekata
A. asa Taruli pasu-pasu = supaya kita diberkati
S. Saleleng di hangoluan=selama kita hidup.

jadi kata horas itu adalah suatu cita-cita atau harapan yang mengambarkan bahwa setiap orang batak harus hidup saling mengasihi karena inilah jalan yang terbaik dan diwujudkan dengan seia sekata supaya kita mendapat berkat selama hidup kita. demikian secara singkat kata ini dimaknai.

Kacang Sihobuk


Kacang SihobukPernah ke Tarutung? Pasti tau Kacang Sihobuk. Yah, kacang ini adalah salah satu jajanan khas batak yang hanya bisa diperoleh di Tarutung dan sekitarnya. Siapa pun yang pernah melewati daerah tersebut terutama di Silangkitang, pasti menjadi kepantangan tersendiri jika tidak singgah untuk membeli kacang tersebut, baik dicicipi di tempat maupun untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Harganya bervariasi, Rp.5.000 ukuran sedang, Rp.10.000 ukuran sedang dan harga Rp.135.000 ukuran satu kaleng (5 kg). Sebenarnya, sentra produksi kacang Sihobuk terdapat di sekitar kecamatan Sipoholon. Sebuah kota kecil berjarak sekitar 8 KM dari pinggir kota Tarutung.

Ada seseorang bernama Togar Sihombing (42), dia adalah seorang pengrajin, sekaligus sebagai pengusaha kacang Sihobuk ini. Pak Sihombing ini juga memasarkannya sendiri. Baik secara eceran, maupun dalam partai besar guna memenuhi pesanan dari luar kota.

Umumnya, para pengrajin kacang Sihobuk mengelolanya dengan memanfaatkan tenaga kerja keluarga. Juga melibatkan warga sekitarnya, sehingga cost produksi bisa ditekan menjadi lebih kecil.

Bahan baku kacang Sihobuk, banyak didatangkan dari Pahae Kabupaten Tapanuli Utara. Sebab daerah ini merupakan sentra komoditi kacang tanah yang potensial dalam pengembangannya.

Pola pengelolaan produksi kacang Sihobuk masih konvensional. Maka sebenarnya dipandang perlu untuk mengisi dan memadu kemajuan teknologi yang lebih maju. Dan tak lupa, Kacang Sihobuk butuh sentuhan promosi dan keseriusan dalam pengelolaannya sehingga kacang Sihobuk bisa berkompetisi di dunia industri dalam negeri.

khasbatak.com(berbagai sumber)
  • Medan ke Tigaraja = 176 km - 4 jam menggunakan mobil
  • Tigaraja ke Carolina = 45 minutes menggunakan kapal feri
  • Atau
  • Medan ke Ajibata = 176 km - 4 jam menggunakan mobil
  • Ajibata ke Tomok = 60 minutes dengan CAR'S FERRY
  • Tomok ke Hotel Carolina = 5 km - 15 minutes dengan mobil

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Cerita Buram Dari Sebuah......

Tukeran Link(Copy Paste Kode ku ini)

Photobucket